In-flight meal China Airlines


China Airlines (CAL) (Mandarin: 中華航空公司 (pinyin: Zhōnghuá Hángkōng gōngsī), biasa disingkat 華航) (TWSE: 2610) adalah flag carrier sekaligus maskapai terbesar Republic of China (dikenal sebagai Taiwan). Jangan bingung dengan Air China,  flag carrier of People’s Republic of China (dikenal sebagai China mainland atau Cina daratan).

Ini adalah pengalaman pertama saya naik China Airlines. Sebelumnya saya pernah menggunakan penerbangan Malaysia Airlines dan Air Asia yang harus transit terlebih dulu di Kuala Lumpur, dan Philippines Airlines yang transit dahulu di Manila. Tiket pesawat China Airlines selalu di atas maskapai penerbangan lainnya, namun hal itu terbayar dengan penerbangan langsung tanpa transit, jadwal keberangkatan dan kedatangan yang baik (tidak terlalu pagi maupun terlalu malam), ketepatan waktu take-off dan landing, serta pelayanan di atas kabin yang cukup baik.

Kebetulan saat itu adalah 2 hari menuju hari imlek, sehingga pesawat China Airlines di hiasi dengan gambar-gambar bertemakan imlek seperti berikut:

China Airlines Cabin Interior

Seperti pada posting sebelumnya, saya akan mereview makanan yang disajikan di kabin China Airlines untuk kelas ekonomi. Berikut adalah makanan yang disajikan pada penerbangan Taipei-Jakarta.

China Airlines Meal TPE-CGK

Menu yang ditawarkan saat itu ada 2 yaitu Chicken rice dan Spaghetti. Saya kemudian memilih Chicken rice yang disajikan dengan kecap asin dan irisan wortel. Terus terang saya kecewa, karena rasanya “biasa” saja kalau tidak mau dibilang “nggak enak” = =. Potongan ayam hanya terasa dicampur kecap begitu saja ditambah wortel rebus sama sekali tidak berasa dan tidak mengundang selera makan. Namun di samping itu diberikan side dishes seperti roti+butter, salad, cocktail,  “nastar Taiwan” serta minuman sirup apel. Untunglah selain menu utama tadi, rasanya enak dan segar sehingga mengurangi kekecewaan sebelumnya🙂

Pada penerbangan kembali dari Jakarta menuju Taiwan, sejak awal saya tidak mau lagi memilih menu Chicken rice dan saya akan meminta Spaghetti.Namun ternyata menu yang ditawarkan ternyata berbeda sama sekali @@. Saat itu pramugari menawarkan 2 menu yaitu Nasi fillet ayam dan Nasi fillet ikan, dan saya memutuskan untuk memilih nasi fillet ikan karena sedikit trauma dengan menu ayam sebelumnya, haha.  Dan inilah menu lengkap yang disajikan pada penerbangan Jakarta-Taipei.

China Airlines Meal CGK-TPE

Menu yang disajikan terdiri dari nasi fillet ikan dan sayuran, macaroni udang, roti+butter, cheese cake, irisan buah-uahan, dan sirup apel. Ini baru enakkkkk, begitu kira2 saat pertama kali menyantap fillet ikan tersebut. Kali ini ikan disajikan dengan saus tomat kental asam manis. Selain itu, saya biasanya tidak suka makan ikan karena banyak duri, namun setelah dibuat fillet tentu saja tidak ada durinya lagi. Macaroni disajikan bersama udang juga sangat menggugah selera makan. Sebagai penutup saya memakan cheese cake dan buah-buahan😄

Satu kekurangan yang menjadi catatan pribadi saya dari pelayanan selama penerbangan ini adalah maknan disajikan setelah terbang 2-3 jam. Terus terang saya sudah kelaparan menunggu makanan datang, haha. Pada penerbangan lainnya makanan biasanya datang tidak lama atau paling lama satu jam setelah lepas landas. Selain itu, saya tidak tahu mengapa menu yang ditawarkan pada penerbangan Taipei-Jakarta dan Jakarta-Taipei berbeda, mungkin kedua penerbangan ini menggunakan jasa catering yag berbeda. Kalau benar demikian adanya, saya acungkan jempol buat catering dari Indonesia😄

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Experience, Food, Taiwan, Travelling, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to In-flight meal China Airlines

  1. Pingback: My Asia Trip 2013; Hong Kong, Macau, Indonesia, Thailand | Love Driven Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s