In Flight Meal Cathay Pacific (CX)


Cathay Pacific adalah salah satu maskapai terkemuka di dunia dengan main hub-nya di Chek Lap Kok Airport atau lebih dikenal sebagai Hong Kong International Airports (HKIA). Dari hasil pengamatan saya di bandara, Cathay Pacific ini mempunyai armada ukuran besar saja baik seperti Airbus A330 series, Boeing 747 series, dan Boeing 777 series. Jangan bandingkan dengan maskapai dalam negeri, karena perbandingannya jauh sekali. Saya memilih maskapai Cathay Pacific bukan asal pilih karena maskapai ini punya pilihan “Stop-over” di Hong Kong atau transit keluar bandara sehingga biaya tiket pesawat akan menjadi murah karena kunjungan saya ke Hong Kong dianggap transit saja dari Taipei ke Jakarta via Hong Kong.

Ada beberapa nilai plus yang saya sangat rasakan selama menggunakan maskapai Cathay Pacific, yaitu:
1. Naik pesawat CX ini benar-benar nyaman dikarenakan ruang kabin yang besar, terutama B747-400.
2. Flight Attendant yang sigap dan ramah juga perlu diacungi jempol karena memberikan pelayanan terbaik selama on-board.
3. Selain itu, ground staff-nya (Check in counters dan Transit) yang sangat membantu, membuat saya merasa maskapai ini sangat professional.
Dikarenakan penerbangan internasional, para flight attendant dapat berkomunikasi dalam banyak bahasa seperti Inggris, Kanton, Mandarin, dan Thai.
Pada penerbangan saya dari Hong Kong-Jakarta, saya dinaikkan dari economy class ke Premium economy class. Saya sebelumnya tidak menyangka dan baru tahu setelah saya naik ke atas pesawat dan merasakan kursi yang sangat besar dan berada ruangan terpisah di kabin depan.
Cerita lainnya adalah ketika saya harus transit di Hong Kong dalam waktu kurang dari 1 jam. Seorang ground staff sudah menunggu saya di depan pintu keluar gate pesawat dan mengantarkan saya seorang diri menuju gate pintu masuk penerbagan lanjutan. Sebelumnya saya mengira pelayanan ini berlebihan, karena saya kira bisa melakukannya sendiri, tapi ternyata saya salah, saya baru menyadari HKIA sangatlah luas, kami berjalan sangat jauh melewati banyak shortcut dan security check sampai akhirnya tiba di gate penerbangan selanjutnya yang sebenarnya sudah hampit ditutup karena semua penumpang sudah naik ke atas pesawat. Sungguh pelayanan yang sangat baik sekali dari Cathay Pacific, mereka sampai memperhatikan satu per satu penumpang yang transit dalam waktu singkat di HKIA.
4. On-time flight dan kecepatan pengambilan bagasi adalah nilai tambah.
5. In-flight entertainment dan in-flight meal yang akan saya review di bawah.

Rute penerbangan saya dengan Cathay Pacific ini meliputi:
Taipei-Hong Kong (B747-400)
Hong Kong-Jakarta (A330-300)
Bangkok-Hong Kong (A330-300)
Hong Kong-Taipei (B747-400)

1. In-Flight meal Cathay Pacific Taipei-Hong Kong (1.5hrs flight)
Image

2. In-Flight meal Cathay Pacific Hong Kong-Jakarta (5hrs flight)
Image

3. In-Flight meal Cathay Pacific Bangkok-Hong Kong (3hrs flight)
Image

4. In-Flight meal Cathay Pacific Hong Kong-Taipei (1.5hrs flight)
Image

Kesimpulan:
Makanan yang disajikan dalam penerbangan Cathay Pacific mempertimbangkan lama waktu penerbangan, untuk penerbangan kurang dari 2 jam, hanya disediakan menu ringan. Sedangkan untuk penerbangan lebuh lama diberikan menu makanan berat. Selain itu, mereka memperhatikan waktu penyajian, untuk penerbangan pagi lebih disajikan menu breakfast, sedangkan penerbangan lainnya menu biasa. Yang terakhir, maskapai ini juga mempertimbangkan penerbangan asal dan tujuan sehingga menunya pun disediakan, kalau tidak salah ingat mereka menyediakan menu khas Thailand saat penerbangan dari Bangkok menuju Hong Kong .

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Airlines, Food, Travelling and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to In Flight Meal Cathay Pacific (CX)

  1. olivia hsieh says:

    setuju!! cathay juga menyediakan tlp pelayanan servis 24 jam di hongkong ketika kita perlu mengganti jadwal penerbangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s