Nasi Kare Instan


Perayaan tahun baru Cina di Taiwan sangat jauh berbeda dari perkiraan orang asing yang awam. Seketika kota-kota ditinggalkan oleh masyarakatnya. Mereka pergi menuju rumah masing-masing untuk merayakan malam tahun baru yang biasanya diisi dengan kegiatan makan besar bersama. Kalau di Indonesia, suasananya mirip lebaran lah. Kota-kota menjadi sepi, jalanan seketika kosong, dan toko-toko menutup usahanya.

Bagi seorang mahasiswa asing yang tinggal di sini, hal ini cukup menganggu, terutama untuk urusat perut karena restoran-restoran maupun kedai makan nggak ada yang buka. Untunglah, sebelumnya saya sudah mempersiapkan kondisi ini dengan membeli sejumlah makanan untuk persediaan😀. Diantara makanan yang saya siapkan adalah Kare Instan. Namanya juga mahasiswa, maunya yang gampang, mudah, dan cepat.

Baiklah, sekarang saya mau berbagi cerita membuat Kare Instan ini. Kare yang saya coba pertama kali adalah Java Curry Chicken. Penggunaan kata Java tentu menarik perhatian saya, karena saya berasal dari pulau tersebut. Barangkali rasanya bisa mengobati rasa kangen masakan Indonesia. Ini dia kemasannya:

Gambar di sebelah kiri adalah kemasan luar, sedangkan gambar sebelah kanan adalah kemasan dalamnya yang dibungkus oleh lapisan plastik tebal. Terus terang, sampai saat itu saya belum tau apa isi kemasan itu, apakah hanya bumbunya saja, atau sudah ada dagingnya,hehe.

Sebelum dapat disajikan, ada 3 cara untuk mengolahnya, yaitu:

Dari ketiga cara yang dijelaskan pada kemasan, saya memilih cara pertama yaitu merebus di dalam air mendidih. Cara memasaknya cukup unik, hanya memasukkan kemasan itu secara utuh tanpa membukanya ke dalam air mendidih selama 10 menit.

Kegiatan “memasak” ini selesai hanya dalam waktu sepuluh menit saja. Proses selanjutnya adalah menyajikannya di atas nasi putih yang telah saya siapkan sebelumnya. Sangat mudah dan cepat bukan!😀

Setelah membuka kemasannya, akhirnya saya tahu apa isinya. Ternyata di dalamnya sudah terdapat ayam, kentang, lengkap bersama bumbu karenya.  Dari sisi rasa, menurut saya rasa nasi kare ini lumayan enak. Namun, saya merasa judul yang tertera dalam kemasan tidak cocok dengan isinya. Menurut saya, harusnya kemasan ini bertuliskan India Curry Chicken, bukan Java Curry Chicken karena aroma dan bumbunya sangat khas India.

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Cooking, Food, Kuliner, Taiwan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Nasi Kare Instan

  1. christine says:

    ndreeeeeeee………..
    gk nyangka nemu lo di blog nie
    msh inget gw???
    wah wah ud di taiwan ndre skrg???
    hebaatttt uy…
    S2 ndre????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s