Perpustakaan Modern NCKU


National Cheng Kung University sebagai salah satu dalam jajaran Top University di Taiwan memang pantas berbangga karena memiliki perpusatakaan berkelas internasional. Perpustakaan ini dibangun dengan konsep yang sangat modern. Baik dari sisi arsitektural, fasilitas, serta koleksi bukunya, semua patut diacungkan jempol. Langsung saja kita intip seperti apa perpustakaan NCKU.

Papan penunjuk perpustakaan

Di samping jalan kita sudah disambut dengan papan petunjuk perpustakaan yang disajikan dalam 2 bahasa yaitu bahasa Cina dan bahasa Inggris. Ya, perpustakaan ini menggunakan 2 bahasa pengantar, jadi jangan takut nyasar di dalam perpusatakaan ini karena semua petunjuk arah dan pengumuman suaranya dwi-bahasa. Setelah berjalan beberapa langkah, akan terlihat tampak bangunan megah dengan arsitektur yang modern minimalis. Perpustakaan ini terdiri atas 7 lantai, yaitu 2 lantai basement dan 5 lantai ke atas. Meskipun di basement, tapi kita akan tetap merasa nyaman karena full AC disertai penerangan yang baik.


Perpustakaan National Cheng Kung University

Dapat dilihat bahwa NCKU sangat memperhatikan akses untuk mahasiswanya yang sebagian besar bersepeda maupun bagi penyandang cacat, yang diberikan akses masuk secara khusus. Selain itu, keberadaan selasar dan taman disekitarnya menambah cantik perpusatakaan ini.

Akses masuk bagi penyandang cacat

Taman Perpustakaan

Taman Perpustakaan

Selasar Perpustakaan

Sekarang kita masuk ke dalam gedung perpustakaan. Pintunya sudah menggunakan pintu otomatis yang menggunakan sensor. Setelah melewati pintu, kita akan menjumpai pemandangan lobi perpustakaan yang sangat indah seperti gambar di bawah ini.

Lobi perpustakaan

Pada waktu-waktu tertentu, lobi ini digunakan sebagai tempat pameran seni baik lukisan, karikatur, animasi, dan lain-lain. Untuk dapat masuk ke bagian dalam perpustakaan, kita harus melewati pintu yang dapat diakses dengan mengarahkan barcode Student ID kita ke alat sensor.

Nah sekarang mari kita lihat fasilitas-fasilitas yang tersedia di dalam perpustakaan:

1. Loker penyimpanan barang

Loker penyimpanan barang

Fasilitas ini disediakan gratis bagi pengunjung perpustakaan yang ingin menyimpan barang sebelum masuk. Semua dilakukan dengan mandiri alias self-service. Pengunjung dapat memilih loker yang diinginkan dan menguncinya dengan sandi yang dapat dibuat sendiri. Namun, apabila pengunjung hendak masuk dan membawa barang-barangnya ke dalam perpustakaan pun tidak masalah, karena hal itu tidak dilarang. Tapi jangan coba-coba mencuri taupun merusak properti di dalam perpustakaan, karena perpustakaan ini memiliki banyak kamera yang memantau semua tempat, kecuali toilet tentunya. Selain itu buku-bukunya juga dilengkapi barcode dan sensor tertentu yang bilamana belum discan sebelum meminjam, alhasil alarm pada pintu keluar akan berbunyi. Fenomena ini beberapa kali saya lihat di pintu keluar, ada orang yang belum (lupa) meminjam dan tertangkap sensor di pintu keluar.

2. Tangga dan Lift

Tangga

Lift

Tinggal pilih, mau yang sehat atau yang nyaman, hehe

3. Komputer

Akses komputer

Akses komputer tersedia di setiap lantai dan hanya dapat digunakan untuk akses mencari buku dan koleksi lainnya di dalam perpustakaan. Apabila ingin mengakses internet, harus membawa laptop sendiri, karena jaringan wifi sanagt kuat dan tersedia di setiap lantai.

4. Ruang belajar/diskusi privat

Ruang belajar privat

Bila kita memerlukan ketenangan dan konsentrasi yang lebih, kita bisa memesan ruang privat untuk belajar di meja resepsionis. Syaratnya sangat mudah, hanya dengan menunjukkan StudentID saja. Selain ini, ada pula ruang belajar/diskusi untuk grup yang lebih besar yang dapat dipinjam. Ruangan tersebut menyediakan white board untuk diskusi. Selain itu ruangan juga didesain kedap suara, jadi apabila teriak-teriak sekalipun nggak masalah. hehe

5. Ruang fotokopi dan tempat menerima telepon

Ruang fotokopi

Ada banyak ruangan seperti ini di sini. Ruangan ini digunakan untuk memfotokopi dan menerima telepon, jadi tidak akan mengganggu pengunjung lainnya. Sebagai informasi, penggunaan mesin fotokopi dilakukan sendiri (self-service) dimana pembayarannya dilakukan dengan kartu.

6. Music Hall

Music Hall

Music Hall

Bila bosan dan ingin mendengarkan musik maupun radio, datanglah ke ruangan ini. Ruang  ini dilengkapi sofa empuk yang dilengkapi dengan headset untuk mendengarkan musik.

7. Meja belajar yang nyaman

Meja baca dan belajar

8. Fasilitas Air minum

Dispenser

Gelas kertas

Kehausan saat belajar? Tak perlu kuatir, karena banyak tersedia dispenser gratis yang menyediakan air minum dingin maupun hangat. Tak perlu kuatir juga bila tidak membawa gelas, karena disediakan gelas dari bahan kertas sekali pakai. Praktis bukan?

9. Tolitet bersih dan modern

Toilet perpustakan NCKU

Kesan saya terhadap toilet perpustakaan NCKU ini sangat bagus dan nyaman. Kalau diperhatikan, toilet ini mirip dengan toliet di bandara Kuala Lumpur. Toilet yang disediakan sangat banyak, kalau tidak salah hitung setiap lantai ada 7 toilet seperti ini, masing-masing 2 toilet untuk pria dan wanita dan 1 toilet untuk penyandang cacat.

10. Rak bergerak

Ini salah satu “mainan” saya di perpustakaan. Rak di sini didesain sangat efisien ruang. Sampai saat ini, saya belum pernah melihatnya di tempat lain. Daripada panjang lebar menjelaskannya, lebih baik lihat sendiri videonya ya!

Sebenarnya masih banyak lagi fasilitas lainnya yang belum sempat terdokumentasikan, misalnya ruang menonton video, ruang koleksi kunci unik, kamera pengintai, wireless hotspot, mesin peminjam buku mandiri, dll.

Kenyamanan menjadi kata kunci desain perpustakaan itu. Bahkan kenyamanan bagi penyandang cacat sangat diperhatikan di sini. Karena nyamannya berada di perpustakaan, tidak heran kalau perpustakaan ini selalu dipenuhi pengunjungnya terutama pada masa-masa ujian dan musim dingin atau musim panas. Tak heran, di Taiwan pada musim panas, kita bisa meleleh bila di luar, sedangkan di musim dingin bisa mengkerut karena suhu yang bisa drop sewaktu-waktu.


About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Taiwan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Perpustakaan Modern NCKU

  1. weni says:

    andree!!assiik bgt librarynya..!!coba kalo di itb gitu yahh..pw bgt,,pasti mahasiswanya ga mau nyia2in kesempatan di perpus. jadi makin betah,,makin berkembang deh ntar. gw plg suka ada private roomnya. enak bgt kalo kita mau diskusi ma blajar..

    goodluck disana ya ndre!sukses terus😀

  2. Eko Sedane Putra says:

    Kapan perpustakaan ITB bisa senyaman itu?? dilantai 1 cukup baik… naik ke lantai 2-4 sangat jauh dari nyaman… apalagi ventilasi dan penerangan sangat buruk…

  3. Andre Puja Oktora says:

    perpus itb bukannya lagi direnovasi ya? semoga bisa membuat mahasiswanya lebih betah dan semangat belajar🙂
    @weni dan eko: 5-10 tahun nanti kita -kita alumni 2005 yang dah sukses harus bareng2 balik ke kampus ngasih kontribusi nyata, salah satunya bisa dengan bangun perpustakaan atau hal lainnya yang nyata dan bisa terasa bagi generasi muda indonesia di masa depan🙂
    Sukses juga ya buat weni dan eko😀

  4. Risiana says:

    perpusnya bagus.tapi kok di videonya kayak tukang sulap y? :p

  5. thanks dre… sukses juga buat s2 lo… btw, apa neh gelarnya kalo di indokan MT…. M. Eng kah?? or other??

  6. Dedi kadjo says:

    salam kenal . .
    tertarik sekali dengan blog perpus modern Taiwan, bolehkan kalau minta kirim lengkap hasil liputannya, untuk reff perpus Seskoal (sekolah staf dan komando TNI AL)

    alamat : perpuswiratama@yahoo.co.id
    dedikadjo@gmail.com

    terima kasih kalau dikasih he he he piiiiiiiiiiiiiiiiiiiiis !

    • Andre Puja Oktora says:

      saya hanya tahu perpustakaan di dalam kampus saya saja. maaf kurang tahu dengan perpustakaan secara umum di Taiwan. semoga info di blog saya membantu🙂

  7. ifo says:

    mas andre… saya mau minta saran untuk anak saya. anak saya masih kelas 1 SD. kira-kira apa ya yang dipersiapkan biar dia bisa ikutan beasiswa ke NCKU…. paling tidak ibunya bisa menstimulus dia untuk ke NCKU…. yang saya baca dari love driven life jenengan jurusan yang pas ya jurusan Bahasa Mandarin…… makasih…….. mana tahu saya bisa mengarahkan untuk menggeluti bahasa mandarin… makasih

    • Andre Puja Oktora says:

      kalau masih SD sih menurut hemat saya biarkan anak mencari apa yang dia suka, tapi kalau mau diarahkan untuk belajar ke luar negeri, beri dia wawasan yang luas tentang luar negeri misalnya melalui membaca buku ensiklopedia tentang negara2 di luar negeri, iptek, pengenalan budaya asing, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s