Tahun Baru di Kaohsiung, Taiwan


Malam pergantian tahun 2009 menuju tahun 2010 ini terasa spesial bagi saya. Hal itu karena tahun ini pertama kalinya saya menghabiskan malam pergantian tahun di luar negeri yaitu Taiwan. Pada tanggal 31 Desember, saya bersama teman sekampus pergi ke kota Kaohsiung yang merupakan kota terbesar kedua di Taiwan. Tentu harapannya agar dapat melihat pertunjukkan kembang api yang lebih spektakuler dibandingkan kembang api yang dinyalakan di kota tempat saya tinggal Tainan.

Tainan Train Station

Perjalanan kami mulai dengan membeli tiket kereta listrik dari Tainan menuju Kaohsiung. Tiket dijual oleh mesin, jadi kita tinggal memilih tipe kereta, tujuan, dll. Pembayarannya dilakukan dengan memasukkan uang koin logam. Apabila uang kita lebih, mesin akan memberikan uang kembali secara otomatis. Setelah itu kami menuju platform 2A untuk menunggu kereta datang. Tidak seperti biasanya yang selalu on-time, hari ini kereta delay 8 menit. Hal ini mungkin karena trafik lalu lintas di amlam tahun baru sangat tinggi. Ketika kereta tiba, kami sanagt terkejut melihat banyaknya penumpang yang sudah memadati kereta sejak stasiun sebelumnya. Jadilah kami berdiri di dalam kereta selama satu jam dari Tainan hingga Kaohsiung.

Kaohsiung Main Station

Singkat cerita, kami tiba di Kaohsiung Main Station. Perjalanan dilanjutkan dengan berpindah dari stasiun kereta menuju stasiun MRT yang berada tak jauh dari Kaohsiung Main Station. Pertama keluar dari stasiun kami sedikit terkejut melihat kota Kaohsiung yang lebih besar dan ramai dari kota Tainan.

MRT Kaohsiung Main Station

Perayaan Tahun baru di Kaohsiung dipusatkan di Dream Mall, yang merupakan Mall terbesar di Taiwan dan menurut wikipedia mall ini adalah mall terbesar ke-5 di dunia.

Dream Mall, Kaohsiung, Taiwan

Pengunjung yang datang menghadiri perayaan tahun baru di depan Dream Mall ini tak terkira banyaknya. Suasana malam itu semakin ramai karena dihibur oleh artis-artis Taiwan yang menyanyikan lagu-lagu hitsnya. Sayang sekali saya tidak begitu familiar dengan artis-artis Taiwan yang tampil di malam itu.

Suasana Malam Pergantian Tahun 2009-2010

Sambil menanti puncak acara pergantian tahun pukul 00.00 saya bersama teman-teman mencari spot yang nyaman dan tepat untuk melihat kembang api.

Foto Bersama di depan Dream Mall

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 23.59, semua orang sudah tak sabar menunggu atraksi kembang api yang menandai pergantian tahun 2009 ke tahun 2010. Dan inilah momen-momen kembang api yang diabadikan pada malam itu:

Fireworks 1

Dan videonya dapat dilihat sebagai berikut:

Setelah menikmati pertunjukkan fireworks yang memukau,  kami menyempatkan diri berjalan-jalan di sungai yang sangat terkenal di Kaohsiung yaitu 愛河 yang artinya Love River atau Sungai Cinta. Sungai ini terkenal karena pemerintah kota telah memperbaiki kualitas air sungai menjadi bersih dan menata jalan dan jembatan sepanjang sungai serta menghiasi lingkungan sekitar sungai dengan lampu-lampu yang cantik.

Love River 1

Love River 2

Petualangan singkat merayakan tahun baru di kota Kaohsiung sangat menyenangkan dan penuh kenangan. Kota ini memang sangat indah. Di lain kesempatan saya ingin datang lagi ke kota ini untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya. Anyway, Selamat tahun Baru 2010, Semoga kita semua sukses mencapai target-target kita di tahun 2010 ini!

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Experience, Friends, Love, Taiwan, Travelling and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Tahun Baru di Kaohsiung, Taiwan

  1. Seru banget di Taiwan.Love it└(^o^)┘

    Oktober 2014 Rilis ↖(^ω^)↗
    ‎Buku‬ “Bertualang ke Taiwan”
    ‪Terbitan‬ ‪Gramedia‬

    FB : Buku Bertualang ke Taiwan

    ‪Baca‬ ‪BukuBertualangKeTaiwan‬, Ikuti Petunjuknya,Rasakan Sensasi Petualangannya (^ω^)

    ‪愛‬ 台灣 以前,的時候, 以後 (^ω^)
    Love Taiwan Before, During, and After

    Taiwan is a Beautiful Heart
    Because Taiwan Will Touch you (^ω^) ‪#BKT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s