Teknik Sipil


Teknik atau engineering adalah istilah yang digunakan pada profesi yang menerapkan pengetahuan tentang matematika dan ilmu alam, yang diperoleh melalui belajar, pengalaman, dan praktek, yang diterapkan pada efisiensi penggunaan bahan dan kekuatan alam. Insinyur adalah orang-orang yang telah menerima pelatihan profesional murni dan terapan sains. Sebelum pertengahan abad ke-18, skala besar pekerjaan konstruksi biasanya diletakkan di tangan insinyur militer. Teknik militer yang terlibat seperti bekerja sebagai persiapan peta topografi, lokasi, desain, dan pembangunan jalan dan jembatan; dan pembangunan benteng-benteng dan pelabuhan.Namun pada abad ke-18, istilah teknik sipil digunakan untuk menggambarkan pekerjaan yang dilakukan oleh warga sipil untuk tujuan non-militer.Menurut Wikipedia, Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastuktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa merubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Teknik sipil berfokus pada infrastruktur dunia yang meliputi Pekerjaan Air,  Bendungan, Power Plants, Transmission Towers / Lines, Railroads, Jalan Raya, Jembatan, terowongan, Irigasi Kanal-kanal, Sungai Navigasi, Pengiriman Kanal-kanal, Traffic Control, Mass Transit, Bandara, Terminal, Tanaman Industri Bangunan, Pencakar langit, dll. Di antara subdivisi penting lapangan adalah teknik konstruksi, teknik irigasi, teknik transportasi, tanah dan fondasi, geodetic engineering, hydraulic engineering, dan pesisir dan rekayasa kelautan. Insinyur sipil membangun infrastruktur di dunia. Dalam melakukannya, secara tak disadari mereka “diam-diam” membentuk sejarah bangsa-bangsa di seluruh dunia. Kebanyakan orang tidak bisa membayangkan hidup tanpa banyak kontribusi insinyur sipil untuk umum kesehatan, keselamatan dan standar hidup. Hanya dengan menjelajahi pengaruh teknik sipil dalam membentuk dunia yang kita kenal sekarang. Dapatkah kita pembangunan membayangkan dunia ini tanpa insinyur sipil?

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Teknik Sipil and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s