Pencegahan Flu Babi


Apakah anda pernah terserang penyakit flu? Tentu saja, hampir semua manusia di setiap belahan bumi pernah mengalaminya. Penyakit ini merupakan penyakit ringan dan menular yang belum ada obatnya sampai sekarang. Namun tenang saja, karena kita cukup eristirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin lebih banyak untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Melihat seseorang terkena flu tentu bukanlah hal yang aneh, hal ini karena penyakit ini sudah menjadi hal yang dianggap lumrah dan tidak terlalu parah. Akan tetapi, belakangan ini ramai bermunculan penyakit baru di bumi yang kita tinggali ini. Ya, penyakit dengan nama berawalah flu sekarang bermunculan. Katakana saja flu unggas yang dulu pernah bikin heboh bumi ini karena menelan banyak korban. Penyakit flu yang terbaru saat ini adalah flu babi.

Flu babi atau yang dikenal juga Swine Influenza Virus adalah penyakit pernafasan akut pada babi yang disebabkan oleh virus tipe A subtype H1N1. Loh, katanya namanya flu unggas dan flu babi, tapi kenapa kita harus pusing-pusing memikirkannya? Jawabnanya adalah karena virus flu babi ini telah bermutasi sehingga dapat menular pada manusia. Adapun penularannya melalui batuk. Bersin, dan sentuhan pada hidung dan mulut.

Mengenal Gejala Flu

Secara umum, seseorang yang terkena flu akan menunjukkan gejala-gejala seperti:

  1. Demam lebih dari 380C selama 1-2 hari
  2. Batuk dan pilek
  3. Sakit atau radang di tenggorokan
  4. Nafsu makan berkurang
  5. 5 L (Lemah, letih, lunglai, lesu, dan lebai). Hehehe
  6. Apabila flu-nya sudah parah, dapat juaga disertai mual, muntah, diare, dan sesak nafas

Untuk menghindari terserang flu, berikut ada beberapa tips untuk pencegahannya.

  1. Jagalah kesehatan dengan mengatur pola makan yang teratur dan seimbang.
  2. Konsumsi multi vitamin A, C, D, E, Zink, dan suplemen stimuno untuk meningkatkan kekebalan tubuh, apabila diperlukan.
  3. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan di sekitar kita dengan cara:
    1. Rajin mencuci tangan denagn sabun dan air mengalir, terutama setelah batuk atau menyentuh  saranan umum.
    2. Gunakan tisu basah atau hand sanitizer yang berbahan dasar alcohol saat kita bepergian
    3. Tutup mulut kita dengan tisu apabila hendak batuk atau bersin
    4. Gunakanlah masker apabila kita terkena gejala gagguan pernafasan agar virus tidak menyebar kepada orang lain di sekitar kita
    5. Jangan meludah di sembarang tempat
    6. Minimalkan kontak dengan orang sakit atau orang yang baru pulang dari Negara endemic flu babi.

Kalau sudah terlanjur mendapat gejala flu, maka segeralah berkonsultasi ke dokter atau layanan kesehatan terdekat. Dokter akan mendiagnosis apakah kita terkena flu babi atau tidak berdasarkan gejala klinis dan riwayat kontak dengan orang-orang yang mempunyai gejala yang sudah saya tuliskan di atas.  Selanjutnya, dilakukan pemerikasaan lanjutan dengan meneliti specimen dahak untuk mengetahui tipe virus flu.

Kalau ternyata pasien dinyatakan positif flu babi, ia akan ditempatkan di ruang isolasi dan mendapat tindakan medis agar penyakitnya tidak menular kepada orang lain.

Nah, oleh karena itu kita harus membiasakan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit ini. Selain itu, apabila kita hendak bepergian, terutama ke luar negeri, kita harus sedang dalam keadaan fit, karena apabila kita terindikasi memiliki gejala flu (meskipun bukan flu babi), kita dapat ditolak pihak berwenang sehingga bukan pergi ke luar negeri deh jadinya, tapi pergi ke karantina bandara akhirnya, hehehe

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Kesehatan, Tips, Travelling and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s