Beasiswa TAIWAN


Beberapa tahun belakangan ini, universitas-universitas di Taiwan semakin membuka diri kepada dunia internasional dengan membuka program-program internasional yang disertai dengan paket-paket beasiswa sehingga berimplikasi peningkatan jumlah mahasiswa asing yang signifikan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya internasionalisasi kampus sehingga dapat membantu mengkatrol ranking universitas di dunia internasional. Sebenarnya, ada banyak beasiswa yang ditawarkan di Taiwan, baik dari pihak pemerintah, Non-Government Organization, dan universitas itu sendiri.

Beasiswa tersebut adalah:

1. Beasiswa Pemerintah Taiwan, beasiswa ini ditawarkan melalui kantor perwakilan dagang Taiwan di Jakarta (Taipei Economic and Trade Office, TETO). Program beasiswa ini biasanya dibuka di awal tahun dan ditujukan untuk mahasiswa yang akan kuliah di Fall semester.

  • Beasiswa program S-1, dengan beasiswa sebesar NT$25.000/bulan.
  • Beasiswa program S-2 dan S-3, dengan beasiswa sebesar NT$30.000/bulan.
  • Beasiswa untuk siswa yang hendak belajar bahasa Mandarin.

Informasi mengenai Taipei Economic and Trade Office dapat dilihat di www.teto.or.id atau dapat langsung menghubungi kantornya di: Gedung Artha Graha, Sudirman Central Bussiness District, Jalan Jendral Sudirman, Kav. 52-53, Jakarta 12190, Indonesia. Lantai 12 dan Lantai 17. Tel (021) 515-3939. E-mail: jkt@teto.or.id

2. Beasiswa Universitas, yaitu beasiswa yang disediakan oleh masing-masing universitas di Taiwan. Untuk meng-apply beasiswa ini, langsung saja buka website universitasnya, dan cari informasinya di bagian Admission atau Office of International Affairs, biasanya informasinya sudah sangat lengkap. Selain itu, ada baiknya anda berkorespondensi dengan pihak universitas agar mendapat info terkini, misalnya kemungkinan kunjungan Profesor-profesor di sana ke Indonesia, dll. Adapun universitas-universitas yang saya sarankan untuk melanjutkan studi di Taiwan adalah:

Beasiswa yang ditawarkan tiap-tiap universitas akan berbeda-beda. Ada yang menawarkan tuition-waiver (pembebasan biaya kuliah) saja, ada pula yang menanggung sampai full living cost (keseluruhan biaya hidup).

3. Program beasiswa melalui NGO atau semacam sponsor penyandang dana selama kita melakukan studi di Taiwan. Untuk mendapatkan beasiswa ini, sebelumnya lebih baik kita telah menerima Letter of Acceptance dari salah satu universitas di Taiwan. Contoh Program beasiswa dari NGO adalah beasiswa DPU Scholarship, ICDF Scholarship, dll. Untuk info lebih lengkap silahkan googling ya😀

Semoga sukses! 加油!

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Akademik, Beasiswa, Belajar, Taiwan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

54 Responses to Beasiswa TAIWAN

  1. lisa says:

    thx for info…

  2. Andre Puja Oktora says:

    ya, semoga bermanfaat..

  3. egomaniac says:

    bisa kasih info lebih detail ga tentang beasiswa belajar mandarin? thx

  4. Muhammad Isnaini says:

    Terima kasih atas info-x,, sekarang saya sangat membutuhkan info tentang beasiswa taiwan,,, tolong dong bagaimana cara detailnya dapatkan beasiswa tersebut

    • Andre Puja Oktora says:

      kalau mau beasiswa dari government, pantau aja website http://www.teto.or.id, biasanya tiap awal tahun dibuka. Kalau mau beasiswa dari kampus, buka website kampusnya, trus cari bagian admission untuk international studentnya. Sebagai contoh untuk ncku, websitenya adalah: http://admissions.oia.ncku.edu.tw/en nanti di website itu akan dijelaskan proses detail untuk mendaftarnya. untuk universitas lainnya bisa dicari sendiri.

  5. Raymond says:

    bagaimana untuk memasuk ke universitas yg termasuk ke dalam beasiswa di taiwan

    • Andre Puja Oktora says:

      kurang ngerti maksud pertanyaannya🙂
      kalau yang dimaksud adalah universitas yang menyediakan beasiswa yang mana saja, silahkan dibuka website universitas tujuanmu.
      kalau universitas mana yang dibiayai “teto”, saya kurang yakin apakah semua (universitas negeri maupun swasta) diberi kesempatan. yang pasti universitas negeri pasti bisa. ciri-ciri universitas negeri mempunyai nama “National …… University” atau dalam mandarin “國立 …… 大學”

  6. marjan says:

    mohon info cara mendapatkan formulir pendaftaran beasiswa S2 dalam bahasa indo di taiwan (ntnu)

  7. marjan says:

    untuk tahun 2010 bid pendidikan pendaftaran terahir kapan

  8. erna says:

    tahun 2010 ada program beasiswa ga ya?
    saya berminat belajar bahasa setahun atau 2 tahun
    ada ga ya beasiswanya? gimana cara nya?

    makasih

    • Andre Puja Oktora says:

      setiap tahun ada beasiswa. tiap lembaga bahasa di tiap universitas punya kebijakan berbeda-beda tentang beasiswanya, sialhkan buka link universitas (language centernya). adapun beasiswa lain dari pemerintah Taiwan untuk belajar bahasa, tapi tidak selalu dibuka tiap tahun setahu saya, hubungi TETO di Jakarta untuk info lebih lengkap. http://www.teto.or.id

      • erna says:

        Diberikan beasiswa sebesar NT$ 25.000,- ( setara US$ 775 ), beasiswa ini sudah mencakup semua biaya hidup selama di Taiwan ( uang kuliah, uang asrama, uang buku, biaya hidup, tiket PP )

        ini maksudnya tiap bulan? biaya NT$25.000 emangnya cukup buat uang kuliah, uang asrama, uang buku, biaya hidup, tiket PP???

        thanks

  9. Cachan says:

    Halo Mas Andre…

    Tahun ini saya coba apply ke NCKU dan beasiswa Taiwan. Saya lihat beasiswa yang diberikan NT$ 30,000 namun Biaya yang harus dikeluarkan ke NCKU (tuition fee/semester, buku, administration fee dll – Info ada di website NCKU) melebihi beasiswa yang diberikan. Apakah NCKU membebaskan Biaya2 tsb khususnya tuition fee yang sangat besar bagi pemegang beasiswa Taiwan? Pengalaman Mas Andre gimana sebelumnya?

    Tks.

    • Andre Puja Oktora says:

      kalau dapat beasiswa pemerintah Taiwan, tuition fee nya bayar sendiri. tapi ingat, tuition fee itu sekitar 30-40rb NT per semester, sedangkan beasiswa yg diterima dari pemerintah 30rb per bulan. jelas kalau dapat 30rb/bulan bisa “kaya” di sini, hehe

      • Cachan says:

        Wah..Saya baru tahu kalo department (Economics) yang saya apply adalah Chinese class padahal sudah saya submit. Akan tetapi admission officenya ngasih kesempatan ke saya untuk revisi departemen yang berbahasa Inggris.
        Mas, ada gak orang Indonesia yang kuliah di program ini: http://www.imba.ncku.edu.tw/

        Saya ingin bertanya jauh ttg program tsb.
        Saya harus ngejar deadline sebelum 31 maret untuk merevisi semua. Hahaha…

      • Andre Puja Oktora says:

        tenang saja, ada kok mhsw indo yg nkuliah di iimba ncku

  10. ellafrisella says:

    Dear Mas Andre.

    Saya Ella frisella, Banda Aceh.
    Blog anda sangat bermanfaat buat saya dan terima kasih ya..
    oh iya, Saya sangat tertarik dengan point ke 3. Anda menulis 3. Program beasiswa melalui NGO atau semacam sponsor penyandang dana selama kita melakukan studi di Taiwan. Untuk mendapatkan beasiswa ini, sebelumnya lebih baik kita telah menerima Letter of Acceptance dari salah satu universitas di Taiwan. Contoh Program beasiswa dari NGO adalah beasiswa DPU Scholarship, ICDF Scholarship, dll.
    Mas, boleh ga ya kalau saya meminta informasi tambahan secara lengkap Contoh (nama-nama) Program beasiswa dari NGO? selain contoh beasiswa DPU scholarship dan ICDF scholarship.
    atau mas bisa membalas pertanyaan saya ke email saya : yuki.rainsky@ymail.com

    Mohon bantuan dan informasinya.

    Terima kasih Sebelumnya..

    Salam,
    Ella Frisella

    • Andre Puja Oktora says:

      Dear Ella,

      Untuk jenis-jenis beasiswa dari NGO silakan dicari di website universitas di Taiwan di bagian Admission atau Office International Affairs karena ada beasiswa yang mensyaratkan harus mengambil program tertentu dan di universitas tertentu. Jadi saran saya, buka web universitas di Taiwan yg menawarkan program studi yang kamu minati lalu lihat peluang beasiswa yang ditawarkan apa.

  11. jesica says:

    selamat sore, maaf mengganggu waktunya. nama saya jesica, mau nanya ni.
    kira2 ada informasi universitas mananya yang menyadiakan beasiswa free biaya semester untuk pendidikan s1 jurusan bahasa inggris.
    mohon informasi dan bantuaannya, dan di email ke saya.
    Terima Kasih

    • Andre Puja Oktora says:

      hanya saran, di Taiwan lebih baik belajar bahasa mandarin bukan bahasa inggris. untuk beasiswa s1 memang tidak begitu banyak, tp bisa cek ke NTNU di Taipei atau Wen-zao university di Kaohsiung.

  12. jesica says:

    selamat sore lagi ni…
    tadi ketinggal 1 pertanyaan lagi, yang dimaksud dengan sertifikat kemampuan berbahasa mandarin dan inggris itu harus apply darimana ya?
    apakah kita harus ikut test di TETO baru bisa dapet sertifikatnya ato gimana ya?dan prosedurnya gimana ya?

    Makasi ya, sorry ni pertanyaannya agak banyak…

    • Andre Puja Oktora says:

      sertifikat bahasa inggris bisa berupa toefl atau toeic, kalau yg mandarin bisa HSK (versi mainland China) atau TOP (versi Taiwan). Untuk TOP setahu saya tesnya diadakan di TETO Jakarta, untuk jadwalnya silakan hubungi langsung ke TETO ya..

  13. Nata says:

    Dear Mas Andre,

    saya kebetulan dapat beasiswa iMBA di NCKU, cuma sama biaya hidupnya cuma NT 2.800, apa dengan uang segitu saya bsa hidup disana mas =(…apa saya bisa memeproleh kemungkinan beasiswa lain disana? atau adakah cara untuk menambah allowance saya? kerja part time, kerja di kampus, dll?
    oh ya ..dalam pengurusan visa, apa perlu juga dilampirkan buku tabungan ??

    terimakasih banyak sebelumnys..

    • Andre Puja Oktora says:

      Halo Nata, seleamat keterima di IMBA NCKU ya. jujur beasiswa 2800 sangat tidak cukup untuk living cost di sini. tp biaya asrama dan kuliah sudah digratiskan. sulit utk memperoleh beasiswa tambahan krn kebijakan ncku tiap mhsw hanya bs dpt 1 beasiswa. tapi kadang2 ada mahasiswa yg dpt tambahan uang dari professornya, tp biasanya untuk jurusan engineering yang sering harus pergi ke lab, saya krg tahu untuk jurusan IMBA. ada juga bbrp mahasiswa indo yang part time di sini. saran lain adalah, mahasiswa indo di sini sering membuat grup untuk masak bareng di dapur asrama, dengan cara ini pengeluaran untuk biaya makan bisa menjadi sangat murah. dalam pengurusan visa 2 tahun lalu, memang diperlukan melamirkan buku tabungan, tp saat itu gak ada batas/nilai tabunggannya harus brp, jadi lampirkan aja tabungan yg ada sekarang. semoga bs memberi sedikit gambaran yg lebih jelas ttg sekolah di sini🙂

  14. Nata says:

    makasih responnya mas..

    boleh tahu part time yang memungkinkan disana jadi apa ya?
    terus lagi boleh ga kita langsung cr kerja disana kalo kita lulus, atau kita kudu pulang dulu ke indo..

    thanks lagi ya

    • Andre Puja Oktora says:

      macem2, mulai dari translator, menjaga toko, menawarkan jasa produk tertentu, ato kerja di lab. tentu bisa langsung kerja di sini, gak usah pulang dulu. sudah banyak alumni yang langsung kerja di sini. sip2, smg sukses!

  15. Na says:

    Dear Mas Andre,

    Saya mau nanya lagi.
    Karena saya telat apply online buat course selctionnya, jadinya kelas pada uda penuh. Ada 2 kelas yang saya ambil dalam bahasa mandarin. Sepengetahuan mas andre, dosennya boleh bilingual ga ya? kemapuan mandarin saya pas2an..soalnya saya juga bingung mata kuliah yang bisa diambildlm bhs inggris uda pada habis T.T ada saran?
    oh ya, apa di IMBA bisa melamar menjadi TA? biasanya prosedurnya gimana tuh Mas?
    Maaf jadi bawel =p

    makasih sebelumnya
    Na

    • Andre Puja Oktora says:

      Halo Na,

      kalo kelas penuh biasanya pas masih online, biasanya bisa daftar setelah dateng pas kuliah trus ntar ada from yg bisa diisi dan minta ttd persetujuan prof yg ngajar di kelas tersebut. kalo soal jadi TA, karena saya bukan anak IMBA jd kurang tau, selain itu saya sudah lulus dan bekerja di kota lain, jd mgkn kurang update. biar lebih update gabung sama grup facebook ppi tainan aja, di sana banyak mhsw yg masih aktif dan ada juga anak IMBA-nya. ini linknya: http://www.facebook.com/groups/ppitainan/

  16. melly says:

    Dear Kak Andre,

    Ini Melly dr Jakarta. Aku tertarik ambil S1 di Taiwan, tapi masalahnya aku harus selesaiin kuliah dulu di STIKS Tarakanita jurusan D3 sekretaris. Tahun ini baru beres semester 5 dan lanjut magang. Bisa gak ya kak kalo ambil S1 nya di Taiwan tahun depan?? ikut 4 tahun kuliah disana atau extension tambah 2 tahun/3 tahun lagi kak??

    terus cara apply nya kemana kak??pake transkrip nilai bahasa mandarin gitu ya ??

    mandarin di taiwan katanya lebih ribet dr mandarin China .. menurut kk gimana??
    maaf ya pertanyaan agak banyak.

    Yours sincerely

    • Andre Puja Oktora says:

      Halo mel, setau saya (pengetahuan saya yg terbatas) gak ada program melanjutkan D3/D4 ke S1 di Taiwan sini. kalau mau ambil sekolah s1 lagi tp harus dr awaljadinya. untuk program s1 hampir di semua universitas ditawarkan pakai bahasa mandarin, jadi mau gak mau ya memang harus bisa. soal bahasa mandarin, di Taiwan memang masih mengunakan huruf tradisional (yg asli) tp gak berarti lebih ribet krn itu cuma kebiasaan aja kok. saran saya, kamu terusin s1 dulu di indonesia, trus abis itu cari beasiswa s2 di sini krn banyak program s2 berbeasiswa dan berbahasa pengantar bahasa inggris. mungkin jurusan yg cocok buat s2 kamu seperti kesehatan masyarakat gitu kali ya🙂

  17. Dear Kak Andre,

    Makasih ya kak buat infonya..
    kenalkan, saya Olfit. Saya juga ingin sekali dapat beasiswa di Taiwan, dan sedang mencoba apply di NCKU nya.
    Nah, yang ingin saya tanyakan, saat kita meng-upload dokumen, apakah semua dokumen tersebut seperti ijazah, transkrip, KTP,dll itu harus dilegalisir oleh notaris , atau taiwan embassy nya atau bagaimana kak?

    Terima kasih ya kak atas jawabannya

    • Andre Puja Oktora says:

      iya benar, dokumen2nya pertama harus diterjemahkan kedalam bahasa inggris atau chinese oleh penerjemah tersumpah. lalu dilegalisir oleh notaris, depkumham, deplu, dan taiwan embassy (harus dilakukan berurutan). adapun dokumen yang perlu dilegalisir adalah ijazah dan transkrip. sedangkan medical record cukup dilegalisir oleh taiwan embassy saja. semoga bs lebih mengerti🙂

      • jeje says:

        hai kak Andre..
        mau tny kalo dokumen2 sperti transkrip nilai dll yg harus diterjemahkan sama “penerjemah tersumpah”. “penerjemah tersumpah” itu dmn / siapa kak?
        dan apakah notaris, depkumham, deplu, dan taiwan embassy itu = TETO ?
        makasih kak bantuannya.. maaf cz aku krg paham 😀

      • Andre Puja Oktora says:

        penerjemah tersumpah itu intinya profesi penerjemah yang legal/resmi/izin sbg penerjemah. penerjemah tersumpah banyak kok, bisa cari di iklan2 ato browsing di internet ato tanya temen2. perwakilan taiwan di indonesia itu = TETO.

  18. Crist says:

    Dear Ko Andre,

    Mau nanya nih, kebetulan adik saya sudah keterima di CLC NCKU untuk belajar bahasa selama 8 bulan, sebelum nanti akan kuliah di NCKU. Tapi kemarin sempat bermasalah karena aplikasi visa di tolak oleh TETO di jakarta karena saldo tabungan hanya 6jt. Sebelumnya ada saldo sebanyak 30an juta tapi karena ada keperluan, terpaksa withdraw dari bank sekitar 1 minggu sebelum interview dengan TETO.
    FYI sekarang tabungan sudah bisa di top up lagi up to 40jt. Ada cara/solusi agar adik saya bisa tetap kuliah tanpa menunggu next application (6 bulan lagi)? Apakah harus menunggu 6 bulan walaupun uangnya sudah di top up lagi?

    Thanks. Di tunggu jawaban dan infonya ya.

    • Andre Puja Oktora says:

      halo, kemarin apply visa resident apa turis? coba apply visa turis dulu, trus nanti ganti resident di taiwan

  19. asus says:

    dear ko andre

    saya mau bertanya, mengenai legalisir,
    saya sudah punya ijazah + transkrip dari univ negeri di Indonesia yang dikeluarkan dalam bahasa INggris, apakah perlu dilegalisir kembali di notaris + deplu depkumham dsb?

    trims

  20. jessica says:

    hai kak Andre..
    1.mau tny kalo dokumen2 sperti transkrip nilai dll yg harus diterjemahkan sama “penerjemah tersumpah”. “penerjemah tersumpah” itu dmn / siapa kak?

    2. dan apakah notaris, depkumham, deplu, dan taiwan embassy itu = TETO ?

    3. utk beasiswa bahasa teto, apa harus langsung ke teto jkt / bisa dikirim? cz saya lokasi malang😦
    4. biaya pengurusan di teto brp kak -/+ ?

    makasih kak bantuannya.. maaf cz aku krg paham😀

    • Andre Puja Oktora says:

      1. penerjemah tersumpah itu bahasa gampangnya kira2 profesi penerjemah yg resmi punya izin menerjemahkan.
      2. perwakilan taiwan di indonesia = teto
      3. seingat saya bisa dikirim, tp kalau lolos seleksi pertama, nanti ada wawancara ahrus dtg ke jakarta
      4. kalau hanya di teto, kira2 legalisir 200rb per lembar, visa 600rb (blm termasuk legalisir di tempat lain, medical check up, dll. harga 3 tahun yang lalu)

  21. jeje says:

    biaya urus d kantor teto kira2 brp kak?

    • Andre Puja Oktora says:

      urus legalisasi kayaknya sekitar 300rb, kalau visanya 600rb (kalau tidak salah ingat 3 tahun lalu waktu saya ngurus ya)

  22. riahs says:

    Mas saya mau tanya, saya mau sekarang kuliah ngambil jurusan sastramandarin sampai s1 dan rencananya nanti saya mau s2nya ditaiwan .. saya ingin dapet full beasiswa ke taiwan gimana ya ?? Ada syarat apa aja ya ??? Kalo syarat tuffle bahasa inggris ada gak ??? Soalnya bahasa inggris saya buruk hehehe

    • Andre Puja Oktora says:

      kalau mau ambil sastra mandarin seharusnya tidak ada syarat toefl karena pengantarnya sudah pasti menggunakan mandarin.

  23. KYO says:

    selamat pagi,saya mau tanya ,,kalo ingin sekolah bahasa di taiwan ,apakah pada saat ingin mengajukan visa ada test di TETO ??
    TERIMA KASIH

  24. Bianca Marella says:

    Halo Andre, salam kenal. Apakah saya boleh minta e-mail nya? Saya lebih nyaman jika tidak bertanya jawab di kolom komentar blog. Terimakasih🙂

  25. candy dj says:

    Ni Hao ko Andre, baca artikel sangat cerah sekali🙂
    ko maaf ini numpang iklan lo ko, yang perlu jasa sworn translator (penerjemah tersumpah) bisa hubungi candy😉
    oya ko, mau nanya nih, authenticated document itu ada yang bilang harus dilegalisasi saat kita mendaftar beasiswa, tapi ada juga yang bilang dilegalisir setelah kita dapet LoA dari pihak universitas taiwan, yah mungkin tahun 2009 dan 2013 agak beda disitu yang bingung ko,
    klo untuk med-check budget sekitar 750rb trus legalisir notaris 30rb (10rb perlembar) trus ke depkumham 75rb (3lbr) trus ke Menlu jg 75rb, trus baru di TETO skitar 275/lbr
    nah ada temen bingung, badget ngepress gitu ko,

  26. Yf says:

    Mas, mau tanya
    Kalo kita mau kuliah S1 di Taiwan, pas pertama kalo apply visa, bleh gak apply visa turis dlu? Ntar baru apply ARC-nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s