Persiapan Tugas Akhir/ TA Teknik Sipil


Tak terasa tahun ajaran terus berganti , ya, waktu terasa begitu cepat. Kini aku sudah duduk di tingkat IV (empat). Itu artinya setahun lagi apabila tidak ada aral merintang, aku akan lulus sebagai sarjana teknik sipil,hehe.. Tapi, seorang calon sarjana harus menyelesikan 1 tugas terakhirnya yang dikenal dengan nama TA/ Tugas Akhir/ Skripsi. Di program studiku di Teknik Sipil FTSL ITB, setiap mahasiswa diarahkan untuk mengerjakan TA nya berdasarkan minatnya yang dibagi kedalam 5 KK/Kelompok Keilmuan. Adapun di Program Studi Teknik Sipil ITB mempunyai 5 Kelompok Keilmuan yaitu:

1. Rekayasa Struktur, mengembangkan keilmuan yang berkaitan dengan material konstruksi, perilaku dan desain struktur.

2. Rekayasa Sumber Daya Air, mengembangkan keilmuan yang berkaitan dengan dengan perilaku air dan desain bangunan air.

3. Rekayasa Transportasi, mengembangkan keilmuan yang berkaitan dengan material dan struktur perkerasan, manajemen lalu lintas, perencanaan, evaluasi dan pemeliharaan prasarana transportasi.

4. Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, mengembangkan keilmuan yang berkaitan dengan estimasi biaya konstruksi, manajemen proyek dan administrasi kontrak konstruksi.

5. Rekayasa Geoteknik, mengembangkan keilmuan yang berkaitan dengan perilaku tanah dan desain struktur bangunan tanah.

Awalnya setiap mahasiswa mendaftarkan dirinya di sekretariat program studi, untuk kemudian diarahkan pada salah satu KK berdasarkan minat, daya tampung, dan IPK apabila peminat salah satu KK melebihi daya tampungnya. Akhirnya pengumuman penempatan topik TA dipampang di papan pengumuman, dan aku mendapatkan topik TA Rekayasa Struktur.

Well, langkah pertama sukses (karena aku masuk pada KK Rekayasa Struktur seperti yang kuharapkan). Namun, langkah selanjutnya adalah mencari partner TA (karena di prodi Teknik Sipil ITB sangat dianjurkan TA berdua agar ratio dosen pembimbing TA bisa berimbang dengan peserta TA. Setelah mempertimbangkan beberapa kandidat. Akhirnya kuputuskan untuk TA bersama Nyimas Suryani, mahasiswi Teknik Sipil yang juga berada di KK Rekayasa Struktur. Setelah itu, kami (aku dan Nyimas) “menyeleksi” dosen yang akan kami jadikan sebagai pembimbing TA kami. Hmm, tidak sulit bagi kami untuk memilih dosen pembmbing TA, karena dosen-dosen di KK Rekayasa Struktur Teknik Sipil ITB qualified deh,,, terbukti dari hasil riset mereka, tulisan-tulisan mereka di jurnal, proceedings, baik dalam dan luar negeri. Selain itu, nama-nama mereka sudah tidak asing bagi mereka yang tergabung dalam Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia, dan organisasi profesi Teknik Sipil lainnya. Adapun kandidat yang masuk dalam pertimbangan sebagai dosen pembimbing kami adalah Pak Iswandi Imran, Pak Bambang Boediono, Pak Muslinang Moestopo, Ibu Dyah Kusumastuti, Ibu Herlien D. Setio, dan Pak Sindur P. Mangoesoebroto. Singkat cerita, kami memilih Ibu Dyah Kusumastuti, Ph.D sebagai pembimbing TA kami.

Beberapa hari yang lalu kami berkali-kali mencari Bu Dyah ke lab struktur dan Bahan (karena beliah adalah ketua lab nya), namun kami selalu tidak dapat menemuinya, ya anggaplah tidak beruntung. Akhirnya kami melihat jadwal beliau mengajar agar dapat menemuinya selepas kuliah. Kami menunggu beliau di depan kelas, berharap tidak kehilangan momen dan jejak beliau,hehe

Akhirnya kuliah yang beliau ajarkan berakhir, lalu aku dan Nyimas dengan sigapnya menghampiri beliau untuk menanyakan kesediaannya sebagai pembimbing TA kami, dan berikut adalah cuplikan pembicaraan singkat kami:

Nyimas           : Bu, kami mau meminta ibu sebagai pembimbing TA kami

Bu Dyah         : Sebagai pembimbing atau penguji nih?

Aku                 : Pembimbing TA Bu

Bu Dyah         : Kalian angkatan brp?

Kami               : 2005

Bu Dyah         : Ok, sip. Kalau angkatan 2005 ok saya bisa. Tapi kalu angkatan 2004, sudah tidak bisa karena saya sudah memegang beberapa anak TA. Oia, kalian berencana lulus kapan?

Nyimas           : Juli 2009 (dengan pede nya,hehe)

Bu Dyah         : Ok, bisa. Kalian sudah punya topiknya belum. Kalo belum, dari sekarang cari-cari dulu, usahakan sebelum lebaran kalian sudah punya topiknya. Kalo mau menemui saya temui di lab ya. Hampir tiap hari saya ada di sana,cuma jamnya tidak pasti, jadi pinter2lah cari saya, hehe. Oia nama kalian siapa?

Aku                 : Andre, bu

Nyimas           : Saya Nyimas.

Bu Dyah         : Satu lagi, kalo kalian mau membahas tentang beton, sebaiknya jangan sama saya TA nya, karena ntra kalian gaka kan dapat ilmu. Kalo saya, selama ini yang saya kerjakan dan dalami seputar dinamika, gempa, dan baja.

Kami               : Ok

Bu Dyah         : Temui saya minggu depan untuk membicarakan topik ya.. Sampai jumpa!

Kami               : Ok, terimakasih, Bu.

Fiuh, lega banget sudah mendapatkan pembimbing TA.

Sekarang harus lebih semangat nyari topik TA dan melakukan bimbingan2 bersama bu Dyah.

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Akademik, Cerita, Teknik Sipil, Teman, Tips, Tugas Akhir and tagged , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Persiapan Tugas Akhir/ TA Teknik Sipil

  1. Ressa says:

    wah, bagus tuh udah mulai persiapan TA sejak dini. semoga sukses

  2. samy says:

    q mnta keterangan nya yg lebih jelas … klo ada laporan yang bisa diambil tlong ksh alamatnya

  3. baguz says:

    keren,semoga sukses y TA na,ntr lg aq nyusul kalian,,,heheheheh

  4. odie says:

    wah..aku juga mau tugas akhir, boleh y…baca2,-

    • Andre Puja Oktora says:

      ayo semangat!!!
      memulai sesuatu memang seringkali menjadi bagian tersulit..
      tapi yakin dan semangat ya… ^^

  5. dita says:

    huwaaaa…sy jg lg cari judul tugas akhr nich….judul aja dah pusing kyk gini…

    ada usul judul nda????
    sy d konsentrasi bid.keairan

  6. Amorin says:

    Mohon bantuan’x k.
    Q lg pusing nyari judul skripsi.
    Q mw ngambl TA ttg Struktur, t’utama mengenai beton.
    K bisa g tlng kirim k emailq judul2 skripsi ttg beton yg k tw.
    Emailq: amor_intouch@yahoo.co.id
    Thx sblum’x.
    Semoga sukses.

  7. dian says:

    kak,,aquw mw ngambil bidang manajemen konstruksi.
    bsa g kak tolong kirimi judul2 TA manajemen yg kk tau… thx b4

    • Andre Puja Oktora says:

      saranku, coba lihat website-website perpustakaan univeristas. biasanya banyak sumber inspirasi di sana🙂

    • Andre Puja Oktora says:

      terlalu luas. topikmu yg lebih spesifik ttg apa? apa cost estimation, safety construction, or???🙂

  8. anita says:

    klo jurusan desain interior ada ngak?

  9. okka_march says:

    mumet jg nentuin judul TA, da yang punya referensi kah??
    Rencana dan minat saya maw ngambil tentang manajemen kontruksi.

    lo da kirim pesan k email q ya.
    okka_march@yahoo.com

    makasih

  10. riana says:

    mohon saran aku bngung ne mw nyri jdul TA .. prodi perancangan jalan dan jmbtan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s