Kamera DSLR Terpopuler, Nikon dan Canon


Kamera Digital Single Lens Reflex yang lebih akrab DSLR semakin populer akhir-akhir ini. Pertumbuhan pengguna kamera DSLR sangat tinggi disebabkan harga kamera tipe ini yang semakin terjangkau. Banyak sekali diskusi di internet yang menanyakan kamera DSLR mana yang terbaik antara Nikon, Canon, Sony, Pentax, dll. Tapi yang paling sering dibandingkan yaitu 2 merk pertama yang saya sebutkan di atas. Nikon dan Canon adalah 2 top-leading brand di industri ini. Bahkan ada ungkapan di kalangan fotografer, Nikon dan Canon adalah “agama” bagi mereka. Bagaimana tidak, sekali memilih brand tersebut, bisa membuat kecanduan penggunanya untuk mengupgrade lensa-lensanya bahkan upgrade body kameranya. Pada umumnya kedua pengguna brand tersebut loyal bahkan fanatik.

Kali ini saya ingin memberi info cara mengetahui kamera DSLR yang paling populer di dunia saat ini berdasarkan data-data versi flickr.com. Adapun flickr adalah website website yang didedikasikan untuk sharing foto. Untuk mengetahui data tersebut, anda dapat membuka alamat http://www.flickr.com/cameras/ Adapun data yang saya gunakan  adalah data bulan November 2010 sebagai berikut:

1. Kamera terpopuler di komunitas Flickr (semua kategori kamera)

Dari grafik di atas terlihat bahwa pengguna kamera Iphone 3G berada di urutan pertama mengungguli kamera digital biasa maupun kamera DSLR. Sedangkan di urutan kedua terlihat pemngguna kamera DSLR Nikon yang grafiknya mempunyai trend naik.  Sedangkan di posisi tiga ada kamera DSLR Canon EOS Digital Rebel XSi atau yang lebih dikenal dengan EOS 400D, namun grafik menunjukkan trend penggunanya yang terus menurun. Di posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati Canon Rebel XTi dan Canon EOS 5D.

2. Data pengguna kamera DSLR Nikon di komunitas Flickr

Terlihat bahwa di urutan pertama ada D90 yang kemudian diikuti D80, D3000, D5000, dan D40. Terlihat bahwa kamera terpopuler brand Nikon terpopuler adalah seri middle diikuti entry level. Sedangkan pengguna kamera professional/ full-frame tidak banyak karena mahal :p

3. Data pengguna kamera DSLR Canon di komunitas Flickr

Terlihat bahwa di urutan pertama ada 450D yang kemudian diikuti 400D, 5D, 500D, 1000D. Terlihat bahwa kamera terpopuler brand Canon terpopuler adalah seri entry level.

4. Grafik trend pengguna kamera DSLR Nikon di komunitas Flickr

Terlihat bahwa pengguna Nikon D90 dominan sekali dan menunjukkan trend positif/naik, sedangkan tipe lainnya menunjukkan trend menurun.

5. Grafik trend pengguna kamera DSLR Canon di komunitas Flickr

Terlihat bahwa pengguna Canon cenderung sama. Adapun perbedaan tidak terlalu signifikan antara satu tipe dan tipe lainnya. Namun demikian, ada trend penggunaan kamera DSLR Canon 450D dan 400D menurun sedangkan 3 tipe lainnya meningkat.

Dalam penjelasannya, flickr menyebutkan bahwa data tersebut adalah data hasil upload pengguna flickr yang kemudian di-normalized untuk dapat membandingkan popularitas kamera satu terhadap yang lain.

Kesimpulan dari uraian di atas adalah:

  • Trend pengguna kamera DSLR cenderung meningkat dari waktu ke waktu.
  • Penggunaan kamera tipe lama menunjukkan trend menurun disebabkan munculnya tipe-tipe kamera DSLR baru di pasaran.
  • Kamera DSLR terpopuler versi Flickr pada bulan November 2010 untuk brand Nikon adalah seri middle level tipe D90, sedangkan brand Canon adalah seri entry level tipe 450D.

Semoga informasi ini bermanfaat.

About these ads

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Camera, Opinion, Photography and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s