Fasilitas umum di Taiwan


Di tengah kesibukan kuliah pasca sarjana yang sibuk di Taiwan, saya mulai merasa jenuh dengan banyaknya tugas-tugas dan ujian yang sudah menanti di depan mata. Menulis di blog ini menjadi “pelarian” supaya tidak jenuh. Oleh karena itu, saat ini saya ingin bercerita tentang hal-hal yang ringan saja. Saya ingin menceritakan tentang fasilitas umum di Taiwan. Secara umum, fasilitas di Taiwan lebih baik dibandingkan dengan fasilitas umum di negeri asala saya. Meskipun terkesan hal yang sangat sederhana, namun fasilitas ini menurut saya sangat penting dan bermanfaat. Adapun fasilitas umum yang saya maksud adalah:

1. Tempat sampah

Di sini tempat sampah benar-benar digunakan sebagaimana mestinya. Sejak di lingkungan rumah, sampah telah dipisahkan berdasarkan jenisnya. Masyarakat telah memiliki kesadaran untuk memilah sampah rumah tangganya masing-masing. Hal ini penting dan mempermudah pengolahan sampah oleh instansi terkait.

2. Dispenser/ Drinking water

Air minum merupakan kebutuhan bagi semua orang. Di sini (lingkungan kampus), di setiap lantai di setiap gedung disediakan fasilitas dispenser umum. Dispenser ini terhubung dengan prasarana air yang mengalirkan air ari sumbernya. Dispenser ini berfungsi untuk mengolah air untuk menjamin kulaitas air layak minum. Ada 3 pilihan temperatur yang tersedia, yaitu air dingin, air netral, dan air panas.

Sekarang mari kita lihat ke fasilitas yang tersedia di luar ruangan.

3. Mesin penjual makanan dan minuman

Mau beli makanan dan minuman secara cepat dan praktis? Beli saja di mesin penjual makanan dan minuman. Mesin seperti ini banyak ditemui di sekitar kampus. Adapun produk yang dijual berupa mie instant dan aneka minuman dingin maupun hangat. Cara bayarnya hanya dengan memasukkan koin (uang) sesuai harganya. Kalau uang kita lebih, nanti mesin akan mengeluarkan kembaliannya.

4. Lampu pemandu penyebrang jalan

Menyebrang jalan di sini aman. Baik pejalan kaki maupun pengendara kendaraan pada umumnya mematuhi lalu lintas. Mereka saling menghormati hak orang lain. Uniknya, lampu pemandu penyebrang jalan ini sangat lucu. Selain penunjuk waktu berapa detik waktu untuk menyebrang, terdapat animasi ornag yang menyebrang jalan. Supaya tidak penasaran, langsung lihat saja gambar dibawah ini:

5. Trotoar

Berjalan kaki di Taiwan sangatlah nyaman, karena pemerintah sangat memperhatikan fasilitas publik ini. Trotoar di sini sangat rapi dan indah. Tidak dijumpai pedagang yang berjualan dan mengambil hak pejalan kaki.

6. Parkir

Satu hal yang menarik di sini yaitu fasilitas parkir. Parkir disediakan untuk sepeda, sepeda motor, dan mobil. Untuk parkir sepeda dan sepeda motor di tempat umum tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun untuk parkir mobil, dikenakan biaya. Ada seorang petugas yang akan berkeliling dan mencatat pelat nomor mobil anda dan menaruh bill parkir di kaca mobil. Bill tersebut harus dibayar ke instansi yang mengurus perparkiran dengan cara mentrasferkan uangnya melalui toko-toko yang tersebar di seluruh Taiwan. Oia, jangan coba-coba parkir di sembarang tempat, karena kendaraan anda akan diangkut oleh pemerintah dan kita harus membayar mahal untuk menebus kendaraan kita yang disita.

Hari ini sekian dulu cerita-ceritanya, di lain kesempatan saya akan bercerita hal lain yang menarik yang saya temui di sini. Semoga di Indonesia fasilitas standar seperti ini dapat cepat dinikmati oleh rakyatnya.

About these ads

About Andre Puja Oktora

I am a Civil Engineer specialist in underground structure as well as bridge design. I love travelling. My dream is to step my feet in all continents before 40.
This entry was posted in Cerita, Experience, Indonesia, Taiwan, Travelling and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s